Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) tidak pernah mempersulit perizinan kapal ikan tetapi menggerakkan aktor usaha bagian kelautan dan perikanan nasional supaya bisa naikkan transparansi usahanya jadi usaha melesatkan produksi perikanan di Tanah Air.
Direktur Jenderal (Dirjen) Perikanan Tangkap KKP Zulficar Mochtar menjelaskan, KKP tidak pernah mempersulit perizinan kapal beberapa aktor usaha tapi menggerakkan menambahkan kepatuhan beberapa aktor usaha.
Berdasar laporan diterima faksinya, Pelabuhan Tanjung Adikarto semenjak 2014 sudah banyak hadapi masalah. Dari mulai studi analisis pembangunan, sampai penilaian kapasitas pengendalian lingkungan satu perusahaan yang tidak dalam tanda yang terarah.
"Memang kami terus ternag banyak mengmelawan permasalahan masalah ini banyak studi kurang komplet pekerja tidak proper hingga tidak berperan serta harus diperbaiki.
Menteri Kelautan serta Perikanan Susi Pudjiastuti menjelaskan bila laut di selatan Pulau Jawa mempunyai kekuatan yang besar sekali. Hingga penyelesaian pembangunan pelabuhan-pelabuhan di selatan Pulau Jawa harus selekasnya dikerjakan.
Susi mengemukakan satu diantara pelabuhan yang pembangunannya belum selesai ialah Pelabuhan Tanjung Adikarto yang dibuat di Pantai Glagah, Kabupaten Kulonprogo, DIY. Pelabuhan Adikarto yang pembangunannya telah dikerjakan semenjak 2011 yang lalu sampai sekarang belum dapat dipakai.
"Masalah (pembangunan) pelabuhan di Jawa selatan, kita harus duduk bersama. Temukan pemerintah (DIY) Kemenhub serta KKP. Siapa membuat apa siapa membuat apa.
Zulficar menjelaskan, hal tersebut untuk memberikan klarifikasi ada adanya anggapan yang mengemuka dari beberapa pihak terkait dengan lamanya perizinan kapal yang seringkali dirasa oleh beberapa aktor usaha.
Saat ini, KKP mencatat sekurang-kurangnya ada 2.874 kapal yang izinnya sudah kedaluwarsa lewat waktu enam bulan dan belum memperpanjang izinnya.
Menyebabkan, papar dia, proses cek fisik harus juga kembali ditangani oleh beberapa aktor usaha.
Ia menjelaskan bila ada banyak pencapaian positif terkait pembenahan di bagian perikanan tangkap, seperti saat ini, 72,5 persen dari 7.987 kapaBerdasarkan harga keramik lantai laporan diterima faksinya, Pelabuhan Tanjung Adikarto semenjak 2014 sudah banyak hadapi masalah. Dari mulai studi analisis pembangunan, sampai penilaian kapasitas pengendalian lingkungan satu perusahaan yang tidak dalam tanda yang terarah.
"Memang kami terus ternag banyak mengmelawan permasalahan masalah ini banyak studi kurang komplet pekerja tidak proper hingga tidak berperan serta harus diperbaiki," tuturnya.
Menteri Kelautan serta Perikanan Susi Pudjiastuti menjelaskan bila laut di selatan Pulau Jawa mempunyai kekuatan yang besar sekali. Hingga penyelesaian pembangunan pelabuhan-pelabuhan di selatan Pulau Jawa harus selekasnya dikerjakan.
Susi mengemukakan satu diantara pelabuhan yang pembangunannya belum selesai ialah Pelabuhan Tanjung Adikarto yang dibuat di Pantai Glagah, Kabupaten Kulonprogo, DIY. Pelabuhan Adikarto yang pembangunannya telah harga tv led dikerjakan semenjak 2011 yang lalu sampai sekarang belum dapat dipakai.
"Masalah (pembangunan) pelabuhan di Jawa selatan, kita harus duduk bersama. Temukan pemerintah (DIY) Kemenhub serta KKP. Siapa membuat apa siapa membuat apa,l yang tertera di KKP diidentifikasi sudah memiliki freezer untuk menjaga kesegaran produk ikan yang ditangkapnya.
"Dulu, kapal-kapal yang ada bergantung pada cold storage. Saat ini, sejumlah besar kapal sudah mempunyai freezer jadi rantai dinginnya untuk menggerakkan kualitas ikan yang fresh.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar